Sunday, April 17, 2016

Ilustrasi sederhana ttg panama Papers

Apa itu "PANAMA PAPERS" ? Nah ini ilustrasinya utk mudah memahami secara sederhana dan tetap kekinian:
☞ 1. Budi punya celengan di rumah. Tapi Mamanya Budi selalu cek isi celengan Budi setiap kali Budi memecahkan /membuka celengannya.
☞ 2. Amir juga punya celengan di rumahnya sendiri tapi tidak pernah dicek sama Mamanya Amir. Maka Budi menitipkan celengannya di rumah Amir.
☞ 3. Mendengar bahwa celengan Amir tidak pernah dicek sama Mamanya Amir, teman-teman Amir dan Budi semua menitipkan celengan mereka semua di rumah Amir (ini yg dinamai OFFSHORE INVESTMENT).
☞ 4. Suatu hari Mamanya Amir memeriksa kamar Amir dan mendapati ada banyak celengan di sana (ini namanya ACCIDENTAL AUDIT ) lengkap dengan tulisan nama pemiliknya (ini namanya PANAMA PAPER ). Maka Mamanya Amir mengontak semua mama-mama dari anak2 yang nitip celengan mereka di rumah Amir.
☞ 5. Ternyata Budi menitipkan celengan di sana karena Mama Budi memaksa Budi untuk memberi sumbangan setiap Budi memecahkan celengannya (ini TAX/PAJAK ).
☞ 6. Lain lagi si Polan, ia mengisi celengannya dari hasil memalak teman-temannya (ini MONEY LAUNDERING).
☞ 7. Badu mengisi celengannya dari hasil berjualan es lilin di sekolah tanpa seijin ortunya yang menginginkannya fokus pada sekolah (ini ILLEGAL BUSINESS ).
☞ 8. Mama Budi akhirnya tau kalo anaknya nitip celengan di tempat Amir, lalu mama Budi bilang ke anaknya: "Nak, simpan aja celenganmu di rumah. Mama tdk akan cek celenganmu" (ini namanya TAX AMNESTY).
Semoga Bermanfaat...

Bole Kopas dari wall tetangga....

No comments:

Post a Comment